Minggu, 27 April 2008

Perpustakaan sekolah

Beberapa bulan yang lalu, FPPSMA/MA Temanggung (Forum Pengelola Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Temanggung) mengadakan diskusi tentang perpustakaan sekolah. Diskusi ini merupakan diskusi rutin bulanan yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antar pengelola perpustakaan sekolah. Bagaimana keadaan dan kondisi terbaru dari perpustakaan sekolah untuk SMA/MA di Kabupaten Temanggung. Diskusi dihadiri oleh anggota FPPSMA/MA Se-kabupaten Temanggung, antara lain:
- SMA Negeri 3 Temanggung
- SMA Negeri 2 Temanggung
- SMA Negeri 1 Temanggung
- MA Negeri Temanggung
- SMA Negeri 1 Parakan
- SMA Negeri Candiroto
- SMA Muhammadiyah Temanggung
- SMA Negeri Pringsurat
- SMA MIPHA Parakan
- SMA Ma'arif Kandangan
- SMA PGRI Temanggung

Diskusi ini bertempat di AULA Ruang Referensi Perpustakaan Daerah Kabupaten Temanggung. Sebuah ruangan yang memang khusus disediakan untuk kegiatan diskusi dan rapat. Meskipun terkesan seadanya namun anggota diskusi sangat antusias dalam menceritakan kondisi perpustakaan sekolah masing-masing. Tidak sehebat diskusi terbuka pilkada, pilpres atau bahkan diskusi para anggota dewan, namun makna diskusi FPPSMA/MA sangat terasa bagi terjalinnya komunikasi antarperpustakan sekolah. Makna kebersaman, senasib sepenanggungan, dan tanggung jawab memajukan perpustakaan dalam diskusi ini lebih serius dari kegiatan rapat rutin para dewan.

Seperti yang diungkapkan oleh mbak Retno Primawati, AMd., bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bulanan FPPSMA/MA Kabupaten Temanggung yang akan terus menerus serius dilaksanakan. Selain itu menurut ketua FPPSMA/MA ini, dengan adanya diskusi ini, maka paling tidak persoalan-persoalan perpustakaan sekolah yang dialami para pengelola perpustakaan sekolah bisa diakomodasi dalam wadah FPPSMA/MA untuk menjadi rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti oleh para kepala sekolah di SMA/MA masing-masing. Selain itu, pada kesempatan ini peserta diskusi juga mendapat pelatihan gratis tentang kegiatan klasifikasi dan perawatan bahan pustaka. Bertindak sebagai instruktur adalah Bagian Layanan Referensi Perpusda Temanggung.

Ada banyak hal yang didapat dalam kegiatan ini, bahwa disamping semakin mempererat komunikasi antaranggota FPPSMA/MA, peserta juga mendapatkan pengetahuan tambahan tentang kegiatan klasifikasi dan perawatan bahan pustaka. Tentu saja pengetahuan tersebut bisa diterapkan dalam perpustakaan masing-masing.

Tidak lama lagi FPPSMA/MA akan mengadakan study banding. Kegiatan ini direncanakan berlangsung hari Sabtu tanggal 10 Mei 2008 dengan tujuan Perpustakaan MAYOGA atau MAN 3 Yogyakarta. memang masih lama, namun persiapan teknis telah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Akomodasi, konsumsi dan surat pemberitahuan pun telah diagendakan. Bahkan surat pemberitahuan ke Perpustakaan MAYOGA pun telah disampaikan seminggu yang lalu. Meski sampai sekarang belum ada konfirmasi atas surat pemberitahuan yang telah dimasukkan.

Senin 28 April 2008 lalu, penulis telah menghubungi pihak MAYOGA, dan telah mendapatkan jawaban untuk menghubungi lagi 2-3 hari sebelum hari pelaksanan. Fewh! menunggu. just wait and see...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

SALAM KENAL YA...

Anonim mengatakan...

Weh...Klo ada acara mau dunk di undang pak Dhe...Pion itu penerbit obline....:) Salam Hormat

pak dhe mengatakan...

salam kenal juga buat adheputra...tinggalin linknya juga dunk...biar bisa share-share...
salam hormat juga buat endik, blog punya sampeyan keren,tengkyu novel gratisnya...semoga berpahala..