Senin, 10 Maret 2008

Rekreasi Murah di Alun-alun Kota

Oleh: Fatkhurrokhman

Alun-alun bagi setiap kota adalah pusat keramaian. Alun-alun juga merupakan jantung dari sebuah kota. Sehingga, keramaian suatu kota singkali diukur dengan denyut keramaian yang terjadi di alun-alun kota tersebut. Alun-alun kota juga dapat dijadikan sebagai ruang rekreasi murah bagi warga. Namun demikian, keberadaannya masih belum dimanfatkan secara maksimal oleh pemerintah maupun warga.

Sebagai ruang rekreasi, alun-alun kota Temanggung sangatlah menarik. Adanya alun-alun tersebut membuat publik dapat menikmati suasana kota yang sejuk. Selain itu, pemandangan puncak gunung Sumbing yang menjulang kebiruan juga dapat dinikmati. Pepohonan yang tumbuh hijau menambah kesejukan dalam menikmati nuansa keperkasaaan puncak gunung Sumbing.

Salah satu ciri yang menarik dari alun-alun kota Temanggung adalah kerindangan pepohonan. Pepohonan yang tumbuh mengelilingi alun-alun seolah mencitrakan nuansa asri kepegunungan Temanggung. Alun-alun temanggung juga dijajari beberapa bangunan pemerintahan, seperti DPRD, Lapas, dan Pendopo Pengayoman yang berhadapan langsung dengan alun-alun.

Disamping kerindangan pepohonan dan berjajarnya bangunan yang mengelilingi, alun-alun kota temanggung juga dilengkapi dengan kuliner yang berderet dipinggiran alun-alun. Dilengkapi dengan tempat duduk permanen, dan conblock yang mengelilingi, alun-alun Temanggung layak untuk dijadikan ruang rekreasi kota bagi para warga.

Setiap hari alun-alun kota temanggung ramai dikunjungi warga yang menikmati wisata kota. Kebutuhan warga Temanggung akan ruang rekreasi kota untuk mengakrabkan diri antar angota keluarga dan sesama warga dapat difasilitasi oleh alun-alun kotanya. Oleh karena itu dukungan pemerintah kabupaten temanggung untuk tetap menjaga keasrian suasana dan kondisi yang kondusif sangat diperlukan. Dengan demikian, kedepannya, masyarakat Temanggung bisa lebih memanfaatkan keberadaan alun-alun kota untuk dijadikan sebagai ruang rekreasi keluarga yang nyaman.

Dengan slogannya, “Temanggung Bersenyum,” kota Temanggung harus menciptakan diri sebagai kota yang bersih, sejuk, aman dan nyaman. Bukan hanya untuk warga Temanggung saja, tetapi juga untuk warga pendatang yang ingin menikmati kenyamanan, terutama alun-alun, kota Temanggung. Yaitu dengan memperhatikan ruang bagi publik untuk sekedar berekreasi murah secara nyaman sesuai dengan slogannya.

Jadi? penulis mengundang pembaca semua untuk menikmati keindahan alun-alun kota Temanggung, dijamin![.]**

Tidak ada komentar: